Home

MENGOBATI WASIR ATAU AMBEYEN (HEMOROID)


Sekalipun tidak sampai membahayakan jiwa, penyakit wasir memang tidak bisa didiamkan bagitu saja, soalnya, bisa mengurangi kenyamanan hidup kita. Duduk salah, membuang hajat (Buang Air Besar) apalagi. Bagaimana penyakit ini bisa mencul dan bagaimana menanganinya?
Kita mengenal penyakit ini dengan dua macam nama, yaitu wasir atau ambeyen (hemoroid). Asalnya bahasa yunani haima yang artinya darah dan rheein yang artinya mengalir. Barangkali karena penderitanya selalu mengalami “pertumpahan darah” setaip kali Buang Air Besar.

 Sebenarnya wasir adalah varises (pembesaran pembuluh darah) yang terjadi dibawah usus besar atau yang disebut anus. Anda tidak perlu heran karena varises memang tidak hanya ada dibetis. Kerena kesulitan menempuh jalan balik menuju jantung, aliran darah di “bawah sana” tertahan, memenuhi serabut halus pembuluh darah. Akibatnya, serabut-serabut itu menjadi kusut dan bergumpal seperti benang ruwet. Inilah kemudian yang kemudian dirasakan sebagai benjolon di ujung “lorong rahasia”.
Anda saja kita tega menatapnya lewat kaca spion, niscaya benjolan-benjolan itu akan tampak seperti bisul berwarna merah kebiruan. Letaknya bisa tersembunyi dibalik permukaan anus bisa juga diluarnya. Namun umum nya wasir berjangkit didalam, yang disebut haemorrhoid interna. Hanya sebagian kecil saja yang menonjol diluar anus, yang dinamakan haemorrhoid externa.

Keluhan
Pengidap wasir pada umumnya adalah orang yang memiliki kebiasaan berdiri atau duduk terlalu lama, sering mengangkat beban berat, malas berolah raga atau aktifitas fisik lainnya, tidak menyukai sayuran serta buah-buahan segar, tidak biasa BAB secara teratur dan kegemukan. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa wasir cenderung bersifat genetic, tetapi bakat memiliki jaringan ikat yang lemah pada lingkar anus sehingga memudahkan terjadinya penmggenangan darah di daerah tersebut. Kecenderungan yang diwariskan semakin mudah muncul jika bergabung dengan factor pencetus lain, terutama kehamilan.
Yang paling umum dikeluhkan penderita, biasanya rasa panas di anus, bercampur ngilu dan gatal. Kadang gatalnya sampai memubuat gemas kerena takmungkin di garuk. Pada penderita yang akut, rasa tak nyaman itu masih ditambah lagi dengan ganjalan dianus. Gara-gara benjolannya sudah membesar dan mengeras, biasanya disertai dengan sulit BAB rasa sakitnya pun bukan kepalang.
Proses BAB yang menyakitkan, membuat orang harus meringis menahan mnyeri dan sering diakhiri dengan pendarahan. Dorongan akibat terlalu kencang mengejan membuat serbaut halus pembulu darah yang kusut tadi pecah, sehingga darah menyucur. Meski sama-sama pendarahan, kucuran darah wasir berbeda dari arah penyakit lain, misalnya seperti disentri. Ciri khas darah wasir, keluarnya tidak beracampur kotoran, tapi terpisah atau malah sesudah semua ampas tuntas.

Alternative
Cukup banyak tanaman di sekitar kita yang bisa di pergunakan untuk menyeahkan derita wasir. Misalnya lidah buaya. Caranya, ½ batang lidah buaya dikupas kulitnya, dihaluskan dan ditambahkan air masak dan madu lalu disaring. Minumlah 3x sehari. Bisa juga dagingnya dipotong kecil-kecil lalu diminum seperti cendol. Sebagai obat oles didubur atau anus, disisihkan sedikit lidah buaya, dilumat dan digarami.
Pegagan, haris dicuci berikut akarnya. Setelah direbus 5 menit dapat didinginkan dan diminum 3x sehari. Cocor bebek, bunga jengger ayam kering, akar kangkung, daun ungu atau daun miana, dipergunakan dengan cara direbus hingga airnya tinggal ¾ nya. Untuk menambah rasa ditambahkan sedikit gula merah. Lalu minum 3x seharihingga sembuh.
Tentu saja, penggunaan jenis tanaman saja tidak akan seefektif penggunaan beberapa jenis tanaman sekaligus. Guna memperoleh khasiat penyembuhan yang maksimal ramuan hendaknya memenuhi 5 khasiat berikut:

1. mencahar, agar kotoran bisa terbuang tanpa beban mengejang.
2. mengeringkan radang dan mempercepat ponyembuhan.
3. menghentikan pendarahan yang terjadi setiap kali membuang hajat.
4. memperlancar peredaran darah, sehingga dapat mengurangi kumpulan darah dilubang pantat.
5. melembut kanjaringan ikat lingkar anus

pilihlah jenis-jenis tanaman yang memenuhi syarat tersebut, lalu dikombinasikan.
Cara membuat ramuannya, mula-mula haluskan seluruh bahan. Rebus dengan api sedang hingga airnya tinggal 2/3 nya dan minum 3x sehari. Untuk meringankan derita wasir, sisihkan sebagian bahan yang telah dilumat, lalu dioleskan pada anus. Sebelumnya cuci anus hingga bersih, gunakan sabun mandi yang lembut agar kulit lingkar anus tidak kering dan kaku. Jika ada lebih baik menggunakan sabun muka.
Derita wasir akan banyak berkurang setelah 2 minggu terus menerus meminum ramuan tersebut. Lakukan secara rutin hingga keluhan hilang, sama sekali. Kalu sudah sembuhpun, tetapkan baisakan meminumnya 2-3x seminggu, masing-masing 2-3x sehari. Jika setelah seminggu pengobatan tetap terjadi pendarahan, segera hubungi dokter. Bisa jadi anda salah menduga wasir stadium lanjut sebagai penyakit pemula.

berikut adalah tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir, antara lain:

1. DAUN UNGU / Handeuleum (Graptophyllum pictum Griff.) Efek : pencahar ringan (mild laxative), pelembut kulit (emolien)

2. LIDAH BUAYA ( Aloe vera L.) Efek : Pencahar (laxative), antiradang, melembutkan kulit (emoliens)

3. KUNYIT (Curcuma longa L.) Efek : antiradang, antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan sumbatan, astringent.

4. DAUN DEWA (Gynura segetum Lour.) Efek : mengurangi pembengkakan, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit (analgetik)

5. KROKOT (Portulaca oleracea L.) Efek : Menghilangkan sakit, mengurangi bengkak, melancarkan sirkulasi darah.

6. SOSOR BEBEK (Kalanchoe pinnata Pers.) Efek : Antiradang, mengurangi pembengkakan, menghentikan pendarahan.

7. AKAR TERATAI (Nelumbium nelumbo Druce.) Efek : Menghentikan pendarahan

8. PEGAGAN (Centella asiatica Urban.) Efek: Anti-infeksi, menyejukkan Dan berikut beberapa contoh resep herba/tanaman obat untuk mengobati wasir :

Untuk pemakaian dalam

Resep 1.
15 lembar daun ungu/handeuleum + 20 gram kunyit + 15 gram pegagan, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 2.
90 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya dan dipotong-potong) + 15 gram daun dewa, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum, daging daun lidah buayanya dimakan.

Resep 3.
Akar teratai dicuci bersih lalu dijuice hingga airnya terkumpul 1 gelas ukuran 200 cc, lalu diminum. (Untuk wasir berdarah).

Resep 4.
30 gram krokot + 30 gram daun cocor bebek, dicuci, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum 2 kali sehari.

Untuk pemakaian luar :
Daun lidah buaya dikupas kulitnya kemudian dijus. Ambil jus lidah buaya secukupnya, tambahkan bubuk norit dan bubuk gambir secukupnya dengan perbandingan 3 : 1, aduk hingga rata lalu dioleskan pada wasir yang menonjol keluar.

Catatan : Hindari makanan pedas, daging kambing, goreng-gorengan, durian dan perbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan.. pilih salah satu resep pemakaian dalam dan lakukan secara teratur untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel

Somoga tips ini bermanfaat bagi anda.......

Tidak ada komentar: